Kolaborasi Dispersip Kabupaten Banjar dengan Provinsi Kalsel Tingkatkan Mutu Penyelenggaraan Perpustakaan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan mempunyai program untuk meningkatkan indeks literasi di Kalimantan Selatan, yang salah satu program nya adalah Pembinaan Perpustakaan Se-Kabupaten/Kota Kalimantan Selatan.

Tepatnya Pada hari Rabu (10/08/2022) Pembinaan ini turut dilaksanakan di Kabupaten Banjar tepatnya di Aula Lantai 2 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar dan dihadiri oleh kurang lebih 50 orang Staf Pengelola Perpustakaan di Kabupaten Banjar.

Dikatakan Wildan Akhyar, Kabid Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dispersip Provinsi Kalsel, Tujuan dari kegiatan pembinaan ini sendiri guna meningkatkan mutu penyelenggaraan perpustakaan pada standar nasional, serta meningkatkan dan mempertahankan Pencapaian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat.

Dimana Ujar Wildan, Provinsi Kalsel tertinggi dua tahun berturut-turut se-Indonesia untuk hal itu, sehingga perlu pembinaan dan arahan untuk Para Pengelola Perpustakaan termasuk Pengelola Perpustakaan di Kabupaten Banjar agar lebih kompeten lagi dalam menjalankan tugasnya.

“Kita bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan pembinaan perpustakaan guna membina pengelola perpustakaan, kita coba beri tambahan ilmu, pengalaman, agar mereka lebih kompeten lagi dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengelola perpustakaan,” Ucapnya

Dalam pembinaan ini Wildan juga mengatakan selain memberi ilmu tambahan yang diberikan kepada pengelola perpustakaan juga agar Dispersip Kabupaten Banjar nantinya bisa memenuhi syarat akreditasi.

“Yang pasti ilmu yang akan kami sharing kepada pengelola perpustakaan bagaimana mengelola perpustakaan dengan baik dan profesional, yang mana ujung akhir nya itu bisa memenuhi untuk bisa diakreditasi karena untuk akreditasi sendiri ada salah satu point nya adalah Pengelola Perpustakaan yang memiliki standar,” Jelas Wildan.

Wildan berharap semua Pengelola Perpustakaan Kabupaten Banjar bisa lebih baik dan lebih siap lagi untuk di akreditasi.

“Harapan kami semoga Pengelola Perpustakaan yang ada di Kab.Banjar lebih baik , lebih siap lagi pada saat mengelola perpustakaan dan mereka siap untuk diakreditasi karena Alhamdulillah Kabupaten Banjar salah satu Kabupaten di Kalsel yang minat baca nya bagus dan saya lihat juga jumlah pengunjung di Kabupaten Banjar juga Baik,” Harapnya.

Sementara itu, Moh Yani selaku Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar sangat mengapresiasi dan bersyukur karena diadakannya Kegiatan Pembinaan Perpustakaan ini agar para Pengelola Perpustakaan di Dispersip Kabupaten Banjar bisa lebih meningkatkan kemampuannya dan meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan supaya lebih baik lagi.

“Kami sangat berterima kasih dan bersyukur karena adanya kolaborasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan melalui Kegiatan Pembinaan ini. Semoga para peserta bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam pengelolaan sehingga perpustakaan kita lebih meningkat dan lebih baik sehingga pada ujung nya nanti kita bisa mencapai akreditasi dengan baik,” Tutup Yani.

Tentang dispersip_team

Check Also

Pelayanan Mobil Perpustakaan Keliling di SDN Sungai Alat 2 Kec. Astambul

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Banjar Bidang Perpustakaan melaksanakan program kegiatan rutin pelayanan Mobil Perpustakaan …