Kamis , 30 Mei 2024

Visi dan Misi

Visi

Terujudnya masyarakat Kabupaten Banjar yang MANIS (Maju, Mandiri, Agamis)

Misi

  1. Peningkatan kualitas hidup dan kualitas sumber daya manusia
  2. Peningkatan ekonomi yang berkualitas berbasis kerakyatan dan Pemerataan Pembangunan Daerah yang Berkeadilan
  3. Pengelolaan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan
  4. Penyelenggaraan Kepemerintahan yang Amanah, Baik, Bersih, dan Efektif.
  5. Penguatan Karakter Masyarakat yang Religius, Berakhlak Baik dan Berkepribadian Luhur, serta Menciptakan Kehidupan Masyarakat yang Tertib, Aman, dan Demokrasi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan Bidang Perpustakaan dan Kearsipan, sebagaimana dibentuk berdasarkan Perda Kabupaten Banjar Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Banjar dan Perbub Banjar Nomor 72 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tatakerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar.

Dalam peranannya sebagaimana pelaksana urusan pemerintahan Bidang Perpustakaan dan Kearsipan, lembaga dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar harus siap untuk ikut mewujudkan Visi dan Misi Bupati Banjar, yakni dengan menjadi perangkat daerah / unsur staf yang akuntabel, profesional, dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Hal ini sebagaimana yang sudah dirumuskan dalam Misi Bupati Banjar poin ke 4 “Penyelenggaraan kepemerintahan yang amanah, baik, bersih, dan efektif” yang terdiri dari satu tujuan yaitu “Terselenggaranya Reformasi dalam Pelayanan Publik” dan terdiri  dari 2 (dua) sasaran yaitu :

  1. Terwujudnya Pembangunan Literasi dan Kegemaran Membaca Masyarakat; serta
  2. Pengelolaan Kearsipan Daerah Berkualiatas

Program prioritas yang dilaksanakan untuk tercapainya tujuan urusan perpustakaan dan kearsipan di dalam RPJMD adalah Program Pembinaan Perpustakaan. Selain program pembinaan di atas, dilaksanakan juga Program Pengelolaan Arsip, dan juga program penunjang yang mempunyai kontribusi cukup kuat dalam mendukung tercapainya urusan perpustakaan dan kearsipan.