Jumat , 26 April 2024

SAKTI MANIS : Inovasi Layanan Perpustakaan yang Berintegrasi dengan Perpusnas RI

Martapura – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Hj. Galuh Tantri Narindra menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan webinar Integrasi Data Keanggotaan Melalui Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI), Jumat (20/5/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun Perpusnas ke-42 .

Bersama dengan Kepala Bidang Pengembangan dan Layanan Perpustakaan Diskerpus Kab.Badung Provinsi Bali Tjokorda Mas Istri Kartikawati, SE., M.Si dan Pustakawan Perpusnas RI  Achmad Riyadi Alberto sebagai Moderator melalui Zoom Meeting.

Dalam kesempatan ini, Galuh Tantri Narindra memaparkan Materi mengenai SAKTI MANIS, sebuah program inovasi yang akan diluncurkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjar.

“Program tersebut merupakan inovasi yang menjadikan kartu anggota perpustakaan umum Daerah Kab. Banjar Berintegrasi dengan Perpusnas RI. Melalui layanan tersebut, setiap orang yang memiliki kartu anggota perpustakaan dapat menikmati layanan Perpustakaan Nasional maupun Perpustakaan Daerah secara menyeluruh,”ujar Galuh.

Ditambahkannya, layanan secara menyeluruh tersebut di antaranya adalah, layanan peminjaman buku, akses ke e-Resourche dan e-Journal Perpusnas RI, serta layanan digital lainnya yang membutuhkan keanggotaan Perpusnas RI.

adapun kegiatan Webinar nasional ini juga diikuti oleh Kabid Perpustakaan Hj.Noor Aida dan Sekretaris Moh. Yani, serta seluruh jajaran Staf Bidang Perpustakaan dan Sekretariat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade/Dispersip)