Senin , 22 Juli 2024

SOSIALISASI PENDIRIAN PERPUSTAKAAN UMUM DAN KHUSUS

MARTAPURA,- Melalui Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Perpustakaan dengan tema “Pendirian Perpustakaan Umum dan Khusus”. Kegiatan Sosialisasi Perpustakaan ini dilaksanakan Pada hari Rabu, 29 Mei 2024 bertempat di Aula Wisma Sultan Sulaiman ( BKDPSDM Kabupaten Banjar ) . Sosialisasi ini di ikuti oleh 75 peserta terdiri dari 20 Camat, 13 Lurah, 7 Pambakal, 22 ketua APDESI dan 13 SKPD Kabupaten Banjar.

Acara ini menghadirkan 2 orang narasumber dari UIN Antasari Banjarmasin. Narasumber pertama dalam kegiatan Sosialisasi Perpustakaan ini adalah Ibu Laila Rahmawati, S. Ag., S.S., M. Hum  yang menyampaikan materi tentang pendirian Perpustakaan Kecamatan dan Desa. Sedangkan Narasumber kedua Bapak Dr. Moch. Isra Hajiri, M.Hum menyampaikan materi tentang pendirian perpustakaan umum dan khusus. Sosialisasi ini dipandu oleh pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Ibu Rokhmah, S.I.Pust sebagai moderator.

Karena Perpustakaan di tingkat kecamatan, kelurahan, atau desa merupakan kebutuhan mendesak. Sehingga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan merasa perlu menyelenggarakan Sosialisasi Perpustakaan agar para pemangku kepentingan /stakeholder mengetahui bagaimana Pembentukan Perpustakaan. Sesuai Undang – Undang No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 15 ayat 3 menyebutkan pembentukan Perpustakaan minimal 5 syarat : 1. Memiliki koleksi, 2. Memiliki tenaga Perpustakaan, 3. Memiliki sarana dan prasarana, 4. Memiliki Dana, 5. Memberitahu keberadaannya kepada perpustakaan Nasional untuk memperoleh Nomor Pokok Perpustakaan.

Dengan adanya Sosialisasi ini di harapkan berdirinya Perpustakaan di Kecamatan, Desa, Kelurahan dan SKPD se kabupaten Banjar berdiri semakin banyak. Pengelola perpustakaan memahami tentang manajerial atau mengelola perpustakaan yang baik dan benar. Sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat. Meningkatkan nilai IPLM (Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat) yang menjadi salah satu tujuan kinerja pokok bidang perpustakaan yang sesuai dengan visi dan misi bupati Banjar.