Minggu , 8 September 2024

PELIBATAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PERAN DAN FUNGSI PERPUSTAKAAN

MARTAPURA – Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007, tentang perpustakaan, perpustakaan tidak hanya menjadi tempat meminjam dan membaca buku saja, tetapi juga sebagai wadah pembelajaran sepanjang hayat.

Menyikapi perkembangan zaman dan teknologi, Kepala Bidang Perpustakaan Kabupaten Banjar mengatakan kepada peserta pelatihan bahwa perpustakaan harus bertransformasi menjadi ruang berbagi pengetahuan. “Literasi menjadi tidak hanya sebatas membaca, tapi juga pada kemampuan memahami. Kemudian mempraktekkannya”.

Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) adalah peningkatan peran dan fungsi Perpustakaan, melalui pelibatan masyarakat sebagai wahana belajar sepanjang hayat. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pengguna Perpustakaan.

Pada hari Kamis, 18 Juli 2024 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar mengadakan Pelibatan masyarakat melalui Pelatihan membuat Kue Apam Beranda dengan narasumber  ibu Isnaniah , peserta ya terdiri dari  30 ibu – ibu di desa Sungai Lakum Kecamatan Kertak Hanyar.

Dengan adanya Pelatihan ini Kepala Bidang Perpustakaan Ibu Nurul Huda, SE.M.Si berharap ibu – ibu  dapat mempraktekkan ya di rumah untuk keluarga, supaya anak – anak juga mengetahui bagaimana cara membuatnya dan kesehatan keluarga terjaga. Bisa juga dijual sehingga menambah perekonomian keluarga.

Kepala Desa dan Aparat desa Sungai Lakum mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan adanya pelatihan ini masyarakat di desa Sungai Lakum mengetahui cara membuat apam baranda ,bisa belajar dan mempraktekkan resep yang telah di ajarkan oleh narasumber.