Kamis , 30 Mei 2024

Meningkatkan Literasi Sekolah Melalui Mobil Perpustakaan Keliling

(Martapura 7-8 Mei 2024), Mobil Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar bekerjasama dengan berbagai sekolah sebagai program literasi yang memberikan kesempatan bagi warga sekolah untuk mengeksplorasi dunia literasi.

Mobil Perpustakaan keliling merupakan inisiatif yang bergerak untuk membawa perpustakaan ke sekolah secara mobile. Mobil tersebut diubah menjadi perpustakaan bergerak yang dilengkapi dengan koleksi buku, media dan fasilitas membaca lainnya. Bertujuan untuk memperluas akses ke literatur dan pengetahuan literasi anak-anak di sekolah.

Mobil perpustakaan keliling ini merupakan Solusi kreatif dan inklusif untuk memastikan bahwa pengetahuan, literatur, dan Pendidikan dapat diakses oleh semua kalangan terutama warga sekolah. Pada saat kunjungan mobilling ke sekolah SDN Tatah Jeruju & SDN Tatah Pemangkih Darat (selasa, 7 Mei 2024), SDN Sungai Tabuk Keramat 1 & SDN Sungai Tabuk Keramat 2 Kecamatan Sungai Tabuk (Rabu, 8 Mei 2024), ini antusiasme dari warga sekolah begitu terasa. Mereka diberikan kebebasan dalam memilih buku sesuai dengan minat dan kebutuhan masing-masing. Dari buku-buku yang tersedia di mobilling, mulai dari fiksi hingga non-fiksi dan ensiklopedia. Membuat setiap warga sekolah dapat menemukan sesuatu yang menarik dan relevan untuk mereka.