Kamis , 30 Mei 2024

Menarik Minat Anak Membaca, Dispersip Banjar Gelar Lomba Bercerita

Martapura, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar menggelar lomba bercerita/bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat se Kabupaten Banjar tahun 2023, di Gedung Dekranasda Kabupaten Banjar, Kamis (16/3/2023) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Asisten Administrasi Umum Hj Siti Mahmudah membuka kegiatan mengatakan, Pemkab Banjar sangat mengapresiasi digelarnya lomba. Karena lomba bercerita merupakan salah satu upaya untuk pengenalan dan pembudayaan gemar membaca dikalangan anak-anak.

“Tujuannya menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui bacaan,” jelas Mahmudah.

Menurutnya, perlu adanya upaya untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca secara serentak dan terpadu yang melibatkan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan khususnya masyarakat.

Plt Kepala Dispersip Banjar Moh Yani mengatakan, tujuan dari lomba bercerita untuk menarik minat baca anak melalui buku cerita dan budaya daerah.

“Memperkenalkan budaya bangsa melalui cerita dan membiasakan anak untuk hidup cerdas memiliki mental kreatif, kompetitif dan berani tampil di depan,” ujar Yani.

Lomba yang diikuti 20 peserta ini dibuka dengan pemecahan kendi bertuliskan “BODOH” Yang diartikan bersama-sama memberantas kebodohan untuk orang orang yang mencapai kesuksesan demi masa depan anak-cucu kita oleh karena itu mari sama-sama kita wujudkan asa dan harapan untuk kemajuan kecerdasan masyarakat kita melalui membaca.

Kegiatan tersebut disaksikan perwakilan Dispersip Provinsi Kalsel, tim penilai, PKK Kabupaten Banjar, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kabupaten Banjar dan Korwil Kecamatan. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rif’ah/Man)