Kamis , 30 Mei 2024

DISPERSIP Banjar Lakukan Pembinaan Perpustakaan Desa Dua Hari Berturut-Turut

Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melalui Bidang Perpustakaan melakukan Pembinaan Perpustakaan Desa di 3 (tiga) lokus dalam dua hari berturut-turut pada tanggal 29 dan 30 April 2024. Perpustakaan Desa yang dilakukan pembinaan adalah Perpustakaan Desa Tungkaran Kecamatan Martapura, Perpustakaan Desa Karang Intan dan Desa Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan.

Pembinaan Perpustakaan Desa dilakukan dalam rangka menunjang perhitungan IPLM (Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat), TGM (Tingkat Kegemaran Membaca), LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Kabupaten Banjar untuk pengisian laporan data kinerja Bidang Perpustakaan melalui Aplikasi Simondalev (Sistem Monitoring, Pengendalian dan Evaluasi Kabupaten Banjar) serta satu data.

Pembinaan Perpustakaan Desa dilakukan oleh Kepala Bidang Perpustakaan Ibu Nurul Huda, SE, M.Si, Kepala Seksi Pembinaan, Data, Informasi, Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Ibu Salhah, MM dan Pustakawan Muda Ibu Rokhmah, S.I.Pust dan Ibu Nani Marlina, ST serta staf dari Bidang Perpustakaan.

Dalam pelaksanaannya, Ibu Kepala Bidang Perpustakaan menekankan adanya SK Pendirian Perpustakaan dan SK Pengelola / Tenaga Perpustakaan di setiap perpustakaan desa. Hal ini bertujuan agar Perpustakaan Desa tersebut mempunyai legalitas hukum yang jelas.

Tiga Perpustakaan yang dibina juga diberikan pemaparan terkait Pengolahan Bahan Pustaka dan cara penggunaan Sistem Otomasi Perpustakaan berbasis INLISLite. Selain itu, dalam Kegiatan Pembinaan Perpustakaan juga diberikan sosialisasi tentang Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) serta pemaparan tekait Sakti Manis dan i-Martapura yang merupakan inovasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar, khususnya Bidang Perpustakaan.