Rabu , 1 Mei 2024

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Banjar Adakan Pelatihan Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Martapura – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Banjar melaksanakan Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial melalui Kegiatan Pelibatan Masyarakat, tujuan kegiatan pelibatan masyarakat ini adalah untuk memberikan bekal keterampilan kepada masyarakat agar bermanfaat bagi perekonomian dan kesejahteraan sosial. Narasumber untuk kegiatan hari ini adalah Eka Damayanti dengan materi “Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana”. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah dari masyarakat umum yang berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah Kab. Banjar. Peserta dari Program ini adalah warga Kelurahan Pasayangan Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Kamis (08/09/2022)

Narasumber Eka Damayanti menyampaikan bahwa : “tanaman hidroponik dapat dimulai dengan alat sederhana yang bisa ditemukan di rumah dan metode menanamnya pun sangat sederhana, jadi sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai menanam. Berawal dari hobi, kegiatan ini pun sekarang menjadi bisnis yang menjanjikan mengingat kebutuhan akan makanan bergizi seperti sayur pada masa sekarang memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi dan memiliki pangsa pasar yang cukup universal”.

Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ini merupakan sebuah terobosan baru dari Perpustakaan yang merupakan sebuah upaya transformasi dari bentuk perpustakaan yang awalnya sebagai layanan peminjaman buku menjadi sebuah wadah untuk yang memiliki banyak kegiatan bermanfaat dan kata Kepala Bidang Perpustakaan Dispersip Kab. Banjar Hj. Noor Aida S.Sos, M.M dalam sambutannya Ketika membuka Kegiatan Pelibatan Masyarakat. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, mempunyai tugas melaksanakan perintah Bupati untuk membantu menangani masalah Stunting (menjaga tumbuh kembang anak menjadi dalam masa pertumbuhan, pembelajaran dan Kesehatan) salah satu potensi yang dapat dikembangkan adalah dengan memakan makanan yang sehat dan layak, salah satunya adalah dengan sayur. Metode Hidroponik ini sangat cocok karena dapat memanfaatkan lahan yang ada di rumah sehingga dapat dikonsumsi oleh keluarga untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, Ujar Dedi Irawat, S.T. Kepala Seksi Pembinaan, Data Informasi, Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca.

Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ini merupakan kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melalui Bidang Perpustakaan dengan Kepala Bidang Hj. Noor Aida S.Sos, MM yang dilaksanakan oleh Seksi Pembinaan, Data Informasi, Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan Kepala Seksi Dedi Irawan S.T.