Minggu , 8 September 2024

Dispersip Banjar Berikan Pelatihan Komputer Gratis Bagi Pengelola Perpustakaan Desa Cerdas

Dalam rangka mewujudkan perpustakaan berbasis inklusi sosial, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melaui Bidang Perpustakaan berikan Pelatihan Komputer dan Internet Dasar Gratis bagi pengelola perpustakaan dari Desa Cerdas yang berjumlah 36 peserta dari 17 (tujuh belas) desa yang termasuk Desa Cerdas. Tujuh Belas desa tersebut diantaranya adalah Desa Keliling Benteng Ulu, Sungai Rangas Tengah, Akar Bagantung, Pasayangan Utara, Takuti, Sungai Lakum, Indrasari, Antasan Senor Ilir, Cindai Alus, Mekar Raya, Simpang Empat, Malintang, Teluk Selong, Dalam Pagar Ulu, Awang Bangkal Barat, Karang Intan, dan Simpang Tiga.

Kegiatan Pelatihan Komputer dan Internet Dasar Gratis ini bertujuan untuk menambah skill atau kemampuan untuk mengoperasikan komputer dan internet. Karena saat ini hampir di segala bidang kemampuan mengoperasikan komputer sangat diperlukan, salah satunya pada bidang kepustakawanan. Di bidang kepustakawanan, pengelola perpustakaan diharapkan mampu menjalankan komputer dengan baik, khususnya untuk mengelola perpustakaan berbasis system otomasi perpustakaan INLISLite. Selain itu, tujuan dari Pelatihan Komputer dan Internet Dasar Gratis ini adalah untuk membantu seseorang dalam mempelajari berbagai aspek teknologi informasi.

Peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Komputer dan Internet Dasar Gratis ini diberikan materi tentang pengenalan komputer dasar seperti pengaplikasian Microsoft Word, Microsoft Exel dan lain sebagainya. Selain itu, peserta juga diberikan materi terkait pengaplikasian INLISLite untuk otomasi perpustakaan, mulai dari penginputan koleksi, pendaftaran anggota, hingga pelaporan.

Dari kegiatan Pelatihan Komputer dan Internet Dasar Gratis ini diharapkan dapat menjadi bekal kepada pengelola perpustakaan untuk dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari, terutama dalam mengelola perpustakaan.

hytddnyh;