Jumat , 29 Maret 2024

Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berbasis Otomasi di SDN Sungai Paring 1 dan SMK Darussalam Kecamatan Martapura

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melalui Bidang Perpustakaan melakukan Pendampingan pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis otomasi ke SDN Sungai Paring 1 dan SMK Darussalam Kecamatan Martapura, Kamis (1/9/2022).

Plh. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Hj Noor Aida mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan pengolahan perpustakaan sekolah dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui aplikasi Inlislite dengan pendampingan terhadap pemindahan back up data ke komputer dan server baru milik perpustakaan sekolah masing-masing dan monitoring dalam pengelolaan perpustakaan menggunakan aplikasi Inlislite.

SMK Darussalam Kecamatan Martapura

”Melalui pendampingan ini diharapkan pengelolaan perpustakaan sekolah semakin meningkat dan perpustakaan sekolah dapat berkembang sehingga memberikan kebermanfaatan bagi peserta didik pada khususnya dan warga sekolah pada umumnya,”ungkap dia.

Adapun perpustakaan SMK Darussalam Martapura telah memiliki server baru yang digunakan untuk pengelolaan perpustakaan berbasis informasi, dan juga SDN Sungai Paring 1 telah mengalokasikan satu buah laptop untuk pengelolaan perpustakaan yang sudah terhubung dengan jaringan lokal dalam memudahkan penginputan bahan pustaka, OPAC, buku tamu dan lain-lain.

Pada kegiatan ini dilakukan oleh Kasi Pembinaan, Data, Informasi Tenaga Perpustakaan Dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dedi Irawan, Pustakawan Rokhmah, Yusuf Riadi Lazuardi dan Staf IT Dedi Rudi Bawanto. Dan dihadiri juga masing-masing perwakilan sekolah dari SDN Sungai Paring 1 Martapura dan SMK Darussalam Martapura yaitu kepala beserta pengelola perpustakaan.