Picu Minat Budaya Gemar Membaca, Dispersip Banjar Gelar Lomba Perpustakaan Desa

Martapura – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan, Selasa (28/6/2022).

Dalam hal ini Tim juri Dispersip Banjar turun langsung melakukan penilaian ke lokasi sekolah yang mengikuti lomba, guna mengetahui visi dan misi perpustakaan desa/kelurahan masing-masing.

Sebelumnya para peserta lomba sudah melakukan pengisian instrumen lomba beberapa waktu yang lalu. Beberapa perpustakaan desa/kelurahan yang telah menyerahkan instrumen dan dari hasil itu maka tim penilai melakukan survei ke perpustakaan desa/kelurahan untuk melakukan penilaian akan kebenaran isi instrumen yang telah diserahkan.

Perpustakaan desa/kelurahan yang dikunjungi oleh Tim Penilai antara lain Perpustakaan Kelurahan Pasayangan Kecamatan Martapura, Perpustakaan “Dahlia” Desa Sungai Sipai Kecamatan Martapura dan Perpustakaan Tatah Layap Kecamatan Tatah Makmur.

Adapun Perpustakaan desa/kelurahan yang ikut dalam lomba dengan mengisi instrumen dan mengirimkan kembali ke panitia lomba antara lain Perpustakaan Kelurahan Pasayangan Kecamatan Martapura, Perpustakaan “Dahlia” Desa Sungai Sipai Kecamatan Martapura, Perpustakaan Desa Tatah Layap Kecamatan Tatah Makmur, Perpustakaan Desa Akar Bagantung Kecamatan Martapura Timur, Perpustakaan “Cendekia” Kelurahan Manarap Lama Kecamatan Kertak Hanyar, Perpustakaan Desa Mekar Sari Kecamatan Tatah Makmur dan Perpustakaan Desa Tambak Anyar Ilir Kecamatan Martapura Timur.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Hj. Galuh Tantri Narindra melalui Kepala Bidang Perpustakaan Kabupaten Banjar Hj. Noor Aida mengharapakan kedepannya agar perpustakaan desa/kelurahan yang menjuarai ataupun yang belum beruntung nantinya agar selalu semangat.

“Kembangkan terus potensi diri di bidang literasi dan berinovasi agar perpustakaan desa/kelurahan menjadi daya tarik untuk masyarakat,”imbuh dia.

Seperti diketahui Kegiatan lomba perpustakaan merupakan salah satu strategi membangkitkan peran penyelenggaraan perpustakaan  khususnya di perpustakaan desa/kelurahan, dan dengan diadakannya lomba diharapkan perpustakaan desa/kelurahan dapat merangkum kembali, bagaimana keberadaan perpustakaan di desa/kelurahan tersebut. Lomba bukan semata-mata sebagai sebuah kompetisi atas keberhasilan desa/kelurahan dalam menyelenggarakan perpustakaan, mengingat Perpustakaan dalam sebuah sekolah pada hakekatnya merupakan jantung desa/kelurahan  dimana terdapat sumber-sumber informasi (bahan informasi) untuk keperluan belajar, membaca dan mencari informasi bagi warga desa/kelurahan. Pada dasarnya, perpustakaan berfungsi sebagai sumber referensi dan bahan pustaka melalui koleksi buku-buku yang berguna dan sesuai dengan kurikulum pada saat itu.

Adapun Tim Penilai yang bertugas yaitu : Hj. Noor Aida, Sofa Mahrita, Siti Munawarah, Yusuf Riadi Lazuardi dan Muhammad Syahril Nazar. (IP Kab. Banjar/Brigade/Dispersip)

Tentang dispersip_team

Check Also

Preservasi Arsip di Kantor Eks Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik – Seksi Pengelolaan Arsip Statis, perlindungan, Penyelamatan dan Perizinan Kearsipan Melakukan  Preservasi arsip …