Pembinaan pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis otomasi ke SMPN 1 Simpang Empat dan SMPN 2 Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat

Pembinaan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berbasis Otomasi ke SMPN 1 Simpang Empat dan SMPN 2 Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat

Martapura – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melalui Bidang Perpustakaan melakukan Pembinaan pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis otomasi ke SMPN 1 Simpang Empat dan SMPN 2 Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat. Rabu (09/06/2022)

Pembinaan ini dilaksanakan oleh Rokhmah, S.I.Pust, Rahmawati Hasanah, A.Md, Yusuf Riadi Lazuardi, A.Md dan Dedi Rudi Bawanto, S.Kom yang dihadiri masing-masing perwakilan sekolah dari SMPN 1 Simpang Empat oleh Rudi Anwari, S.Pd selaku Kepala Sekolah, Salmah, SP selaku Kepala Perpustakaan dan Nur Aisyah Safitri, S.Pd selaku Pengelola Perpustakaan. Sedangkan dari SMPN 2 Simpang Empat dihadiri oleh Drs. Akhmad Baidawi, M.Pd selaku Kepala Sekolah, H. Muhammad Yusuf, S.Pd selaku Kepala Perpustakaan dan Ilma Amini selaku Pengelola Perpustakaan.

Lokasi pembinaan dilakukan di ruang Perpustakaan SMPN 1 Simpang Empat pada tanggal 08 Juni 2022 yang mana selama kurang lebih sekitar dua tahun perpustakaan sempat tidak tersentuh oleh para siswa akibat pandemi yang mengharuskan belajar dari rumah, kini Perpustakaan SMPN 1 Simpang Empat mencoba melakukan recovery dengan komitmen kepala sekolah terhadap penyedian sarana perpustakaan seperti komputer, kelistrikan dan dukungan lainnya. Di SMPN 2 Simpang Empat juga sudah terdapat dua buah unit komputer beserta dengan akses internet dan wifi yang dapat digunakan untuk mendukung keberlangsungan dari pengembangan otomasi perpustakaan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan pengolahan perpustakaan sekolah dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui aplikasi Inlislite serta mendorong registrasi dan pemutakhiran data Nomor Pokok Perpustakaan dan pelaporan data perpustakaan melalui pengelola perpustakaan masing-masing.

Melalui pembinaan ini diharapkan pengelolaan perpustakaan sekolah semakin meningkat dan perpustakaan sekolah dapat berkembang sehingga memberikan kebermanfaatan bagi peserta didik pada khususnya dan warga sekolah pada umumnya.

Tentang dispersip_team

Check Also

Dispersip Banjar Gelar Lomba Perpustakaan Tingkat SMP

Martapura, DISPERSIP – Membangkitkan lagi marwah perpustakaan menjadi minat masyarakat dalam membaca, khususnya di sekolah. …