Kamis , 25 April 2024

Dispersip Banjar Gelar Pembentukan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Banjar

Martapura – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar gelar pembentukan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Banjar periode 2022 – 2025 pada Kamis (23/12/2021) bertempat di Aula Demang Lehman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar.

Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) merupakan organisasi profesi Pustakawan resmi yang keberadaannya diakui oleh Undang-Undang nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Lahirnya IPI didasari dengan sebuah kesadaran akan kebutuhan Pustakawan yang profesional dalam upaya pengembangan kepustakawanan di Indonesia. IPI memiliki tugas dan fungsi untuk memajukan dan memberi perlindungan profesi kepada pustakawan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar drg. Yasna Khairina, MM menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan para Pustakawan Kabupaten Banjar memiliki wadah professional sehingga memudahkan komunikasi, berdiskusi, berkonsultasi dan berbagi informasi tentang kepustakawanan. Manfaat lain adalah profesi Pustakawan semakin dikenal dan diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah. Sehingga hal ini akan meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri para anggota IPI sesuai AD/ART anggota IPI terdiri dari berbagai profesi, seperti pustakawan, pengelola perpustakaan kelurahan/desa, pegiat literasi, praktisi perpustakaan hingga guru pustakawan. Dengan berhimpunnya seluruh pustakawan dalam organisasi profesi ini, tentunya diharapkan dapat memajukan perpustakaan dan pustakawan yang berdaya saing.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Banjar Hj. Noor Aida, S.Sos, MM, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar dan perwakilan dari Kementrian Agama Kabupaten Banjar serta Ketua IPI Kalsel Dr. Ahmad Syawqi S.Ag, S.IPI, M.Pd.

Dalam pembentukan Pengurus Daerah IPI Kabupaten Banjar periode 2022-2025 terpilih sebagai berikut :
Yusuf Riadi Lazuardi, A.Md (Ketua), Rokhmah, S.I.Pust (Wakil Ketua), Rahmawati Hasanah, A.Md (Sekretaris), Yunida, A.Md (Bendahara), Nani Marlina, ST (Wakil Bendahara).

(Brigade/Dispersip).